Jumat, 27 Januari 2012

Take a Glimps: Curug Panjang !

hey hoo~ selamat pagi, jumat! udah pada punya rencana weekend ini ? bingung? well,, gimana kalau kalian coba berkunjung ke Curug Panjang ? terletak di kawasan megamendung dan dekat dengan jalur Bogor-Puncak, Curug Panjang telah menjadi tempat "hide away" para manusia kota yang mencari lokasi untuk relaksasi.


malam minggu lalu saya berkunjung kembali ke lokasi air terjun yang jarang diketahui turis ini. ceritanya sih saya ikut acara malam puncak kelompok pemerhati ekowisata (KPE) dari himpunan mahasiswa konservasi di kampus. berhubung saya adalah mahasiswa murtad yang jarang datang kegiatan club atau himpunan, akhirnya saya ngintilin Om Brewok dan  Neng Jerawat yang hitungannya sudah masuk "sesepuh" kelompok tersebut. dengan berjanji ikut patungan buat sewa angkot, akhirnya saya diizinkan untuk ikut bersama mereka. 

bagi yang baru pertama kali berkunjung ke curug panjang, pasti kebingungan mencari rute untuk menuju ke sana. patokan paling gampang adalah melalui jalur bogor-puncak dengan menggunakan angkot jurusan Cianjur, lalu sekitar 8 km dari pertigaan gadog sampai bertemu disamping Mesjid Nurul Huda di sisi kiri jalan. setelah itu belok ke kiri pas di jalan masuk samping mesjid ke arah Unilever Training Center atau Pelatihan Reskrim POLRI, setelah itu luruuuusss aja dan selalu ambil kanan di setiap persimpangan. tidak ada angkot menuju kawasan ini, namun kita bisa menggunakan jasa ojeg (yang ongkos nya muahaaalll banget sekitar 20 ribu - 30 ribu sekali jalan) dari pertigaan megamendung. saran saya sih sebaiknya membawa kendaraan pribadi atau kalau datang berombongan lebih praktis yaa carter angkot aja yaa~

cukup dengan Rp 7.000 per orang dan Rp 3.000 untuk parkir kendaraan, kita bisa langsung trekking atau nyemplung ke air terjun. kalau mau menginap kita harus menambah Rp 5.000  per orang untuk menyewa lapak di camping ground dengan catatan kita telah membawa tenda sendiri. bosen sama yang gitu-gitu aja? silahkan coba paket river tracking yang disediakan oleh pengelola. cukup dengan Rp 35.000 per orang dengan jumlah kelompok minimal 5 orang, kita bisa menjelajah aliran sungai sampai ke hulu lengkap dengan acara basah-basahan dan loncat-loncat batu melawan arus sungai. dan pulangnya kita bisa body rafting sambil ngambang mengikuti aliran sungai. soal keamanan gak usah kuatir karena setiap peserta akan dibekali life jacket dan helm yang wajib dipakai selama kegiatan.

mau foto-foto? jangan kuatir, disini tempat yang paling cocok buat kegiatan fotografi karena kawasan ini cukup alami dan relatif sepi.
mau wildlife photography? bisaa ! 
mau foto pre-wedding? cocook ! 
foto narsis? boleh bangeet~ :)

dan inilah pasangan om brewok dan neng jerawat yang selain banci foto ternyata oke juga buat dijadikan model foto pre-wedding :



yah semoga kalian langgeng yah nak~ kan lumayan tuh kalo mau resepsi gak usah ada photo session lagi, hemat~ hemaat~ :)

setelah puas foto-foto kalian bisa langsung nyebur! buat yang udah jago sih bisa langsung coba berenang di bawah curug panjang. dengan lebar kolam jatuhan sekitar 20 meter persegi dan kedalaman mencapai tujuh meter kalian bisa puas loncat-loncatan dari tebing atau sekedar menyelam di bawah air terjun.

tapi buat yang ingin santai-santai silahkan aja main-main air di curug kecil yang terletak tidak jauh dibawah curug panjang : 


dan jangan lupa main-main melihat kincir air yang ada di tepi sungai...


kecil-kecil begini bisa menghasilkan energi listrik buat satu desa lhoo ! penduduk sekitar meyebut kincir ini pembangkit listrik mini tenaga air atau yang biasa disebut pembangkit listrik microhydro. kerennya lagi, semua bagian kincir ini sebagian besar dibuat dari kayu dan cuma diikat pakai ijuk! satu-satunya komponen logam yang ada di sana cuma turbin mini di bagian atas kincir. 

soo~ masih bingung mau kemana week end ini? coba deh main-main kemari! just for your information, gak banyak orang yang tau mengenai letak curug ini. umumnya wisatawan di kawasan puncak atau cisarua akan berkunjung ke Curug Cilember yang jalan masuknya memang berdekatan dengan kawasan Curug Panjang. 

cuma orang-orang yang "niat" aja yang bisa kemari
mungkin karena akses yang susah serta jalur masuknya yang membingungkan,
but it's really worth to try !

and i believe that you guys, all of you who read my blog, are responsible traveler!

jangan nyampah, corat-coret, atau merusak fasilitas disini yaa~
gak mau kan air terjun rahasia ini jadi crowded dan kumuh kayak curug cilember?
karena cuma di lokasi ini kalian bisa berenang dengan leluasa,
tanpa harus bersinggungan dengan sampah plastik bekas shampoo,
atau bungkus-bungkus aluminium foil bekas makanan ringan.

it's your choice, 
it's OUR choice..

be responsible,
and keep simply shoot and share! :)




3 komentar:

  1. deket rumah igo ini, aq pernah kesini *pamerjuga :D

    BalasHapus
  2. isssssssh nama wn gak keren banget neng jerawat :/

    BalasHapus
  3. ahahaha~ keren kaan saphindut? main kesana lagi yuk!

    eh ada neng jerawat! kiww..kiww..kapan kawiiinnn~ ? :D :D :D

    BalasHapus