Senin, 30 September 2019

traveling dulu dan sekarang


Holaaa~!! selamat hari senin guys!
gimana weekendnya? seruuu? apakah kalian masih pada suka jalan-jalan seperti dulu, atau sudah memilih tepar seharian karena mulai jompo dan termakan ganasnya kota? 

kalau dipikir-pikir, teman-teman seangkatan yang dulu hobiiii banget keluyuran, sekarang sepertinya udah pada mulai ngendon di rumah setiap sabtu minggu atau hari kejepit, entah karena sekarang karena sudah nyaman berkumpul bersama keluarga kecilnya, sudah mulai mikir-mikir karena harus memilah-milah mana yang lebih penting antara traveling atau kebutuhan harian dan tabungan pendidikan anak, atau karena memang sudah habis tenaga aja karena lima hari kemarin habis dihajar ganasnya macet dan penuhnya kereta commuterline. 

yaa ga salah juga sih, karena saya juga sekarang-sekarang ini juga terkena sindrom traveler jompo yang bawaannya mager setiap sabtu-minggu dan tanggal merah. sepertinya kopi hitam, bubur ayam, oblong putih cap angsa, sarung buluk dan kompas minggu lebih nikmat dibandingkan harus keluyuran di luar menerobos macet dan ketemu sama anak2 abege tanggung di tempat wisata yang hobi selfie, nge-vlog ala - ala dan heboh foto shoot dengan properti segala macem buat dijadikan feed instagram. 

i mean, come on, 

males banget ga sih ngeliatin bocil bocil foto di air terjun, pakai iket kepala batik atau kain tenun,  yang mungkin dapat ngembat dari lemari emaknya, yang panjangnya klewer-klewer sampai nyelup sungai cuman buat foto posting instagram, dan menuliskan takarir (takarir = caption, thx uda ivan lanin !) basi seperti ini :

"indonesia luas guys, jangan dirumah ajah" 

menn,,, berani taruhan kalau tu anak dikirim ke papua barat dan ga dapat sinyal internet buat youtube/instagraman, ga sampe seminggu juga udah minta pulang tu bocil - bocil. 

dan yang paling bikin males adalah tempat wisata alam yang dulunya bagus (walaupun jalurnya rusak dan belum bagus) pada ikut - ikutan norak dengan trend kekinian nya. saya sampai sekarang udah paling males kalau main ke taman wisata alam gunung pancar, atau lodge maribaya di bandung. males bangettt, karena mereka dengan semena-mena pasang balok balok gambar hati yang di cat norak, karpet aladin dan sepeda sepeda terbang warna warni di tepi jurang (yang harusnya viewnya bagus banget) jadi tempat foto kekinian buat bocah-bocah alay sambil teriak "my trip my adventure!!"

anyway, masih pada nonton my trip my adventure gak sih? malesin banget kan liat host nya yang mas-mas tato gondrong sok asik teriak teriak gitu? jadi kangen banget ngeliat acara itu waktu hostnya masih nadine dan hamish daud. 

dan yakk,, balik lagi ke gaya traveling saya sekarang ini, semenjak menikah dan pindah kerja di jakarta, saya jadi lebih banyak kompromi soal tujuan traveling dan akomodasinya. dulu, pas awal awal nikah sama si culpin dan traveling ke jogja, saya pernah diambekin karena memilih akomodasi ala backpacker banget (kasur seadanya, kamar mayan ac, tapi kamar mandi dipakai rame-rame se-RT). dari situ saya tau minimal akomodasi si culpin adalah kasur yang bersih, adem dan kamar mandi bersih sendiri.

permintaannya standar sih sebenernya, ga macem2 dan ga harus mewah,

emang saya nya aja dulu yang kelewat cuek karena masih tempat-wisata-oriented dan tidur bisa dimana aja, yang penting murah ! :D

nahh,, sekarang, setelah menikah dan sering travel sama sama istri (dan calon si kecil di perutnya), jadi lumayan "naik kelas" lah soal akomodasi dan memilih standar yang ramah keluarga. kalau dulu budget penginapan tiap traveling adalah 100rb/malam (bahkan saya pernah dapet yang cuma 50rb/malam loh!) menjadi minimal 300rb lah, dan selalu kita riset abis-abisan dari review tamu-tamu lain sampai minimal skor nya itu 8,0 kalau di aplikasi travel online. 


dan sekarang, kita udah gak terlalu ngoyo lagi sih harus dapat kunjungi banyak tempat wisata setiapkali kita jalan jalan.

kita bisa aja ke garut hanya untuk staycation di hotel (karena dapet diskon gede banget dari traveloka) dan beli coklat chocodot, jalan santai muterin kota sambil boncengan naik motor sambil jajan cilok, naik commuterline pas lagi jam-jam sepi (seperti waktu itu pas orang2 lagi pemilu, kita kabur naik kereta ke malang) atau nginep ke bandung cuma untuk makan all you can eat sampe eneg di jigana suki setiabudi. 

jadiii, gimana sekarang gaya traveling mu? apakah masih jadi hardcore traveler yang lebih targetin seakin banyak tempat yang dikunjungi semakin baik? atau udah jadi traveler selow seperti saya dan istri yang yaudahlah kita jalan dan bermalas malasan menikmati suasana? 

simply pack, simply go, and simply joyed the trip~!
just like simply shoot and share !

6 komentar:

  1. udah punya anak, dijamin naik kelas lagi travellingnya. Ini sama banget, dulu hotel 100 rb semalam juga ok. Sekarang nyari yg deket jalan ga? deket tempat makan ga? kkkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. astagaa~ masih dibaca blog akuu,, terharuuu! Hahaha!! perlu Work From Home dulu kayanya biar ini blog ku tengok lagi yahh :) Kia lagi social distancing katanya, padahal udah gatel mau ngukur jalan sama ayah bunda nya, dan pastinya kalau dah ada anak, wajib cari penginapan dekat indomaret!

      Hapus
  2. Hahaha.. sekarang klo mau traveling ya mikir dulu. Bawaannya banyak bok,belum mikirin biayabya, karena bawa anak 2 jangankan jalan-jalan2 ke warung aja bisa jadi beli macam2, kekekek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss~! sekarang mah enakan leha-leha sambil twitteran di rumah yakk, Hehehehe ~ :D

      Hapus

#Followfriday : The Bakucakar

  Hola guys ! selamat hari Jumat ! Buat kalian-kalian yang dulu aktif di twitter circa 2009-2012 mungkin akrab dengan hashtag #Followfriday ...