Sabtu, 27 Agustus 2011

Salju !! Saljuuuu!!

Apakah kalian pernah melintas di depan kampus IPB Baranang Siang akhir-akhir ini? kalau pernah pasti tidak akan melewatkan fenomena alam yang satu ini. Yups! pohon randu atau kapuk yang berumur puluhan tahun di kawasan taman koleksi sedang berbuah. Umumnya pohon randu ini memiliki puluhan buah yang bergantungan di setiap cabangnya. Kebetulan, pohon-pohon randu di sekitar kawasan ini sedang berbuah banyak sekali hingga kapuk yang dihasilkan juga sangat banyak.
 
Cuaca yang panas menjelang kemarau menyebabkan biji-biji yang terdapat di dalam buah mengembang menjadi gumpalan-gumpalan kapuk sehingga buah tersebut pecah karena terdesak dari dalam. Gumpalan-gumpalan kapuk tersebut kemudian menempel di kulit buah sebelum akhirnya terbang ringan tertiup angin kencang. Terdapat tiga pohon kapuk yang cukup besar di areal ini. Angin kencang yang bertiup ke arah Selatan membawa kapuk tersebut menutupi lapangan rumput yang terdapat di depan bangunan kampus. Penasaran, saya mendekati sumber kapuk tersebut. Ternyata pohon tersebut merupakan salah satu pohon tertua dan terbesar yang ada di kawasan taman koleksi. Bentang kanopinya hampir mencapai 20 meter dengan tinggi kira-kira 25-30 meter dari permukaan tanah. Dilihat dari jauh, pohon ini mirip seperti gulali kapas raksasa yang sering dijual di pasar malam. Atur jarak, lihat arah cahaya, bidik dan klik! akhirnya saya mendapatkan gambar si gulali raksasa ini~ :)




Bangunan tua, lapangan rumput, dan hamparan kapuk. Sekilas pemandangan tersebut menyerupai suatu wilayah di Belanda pada musim salju. Momen tersebut tentu saja tidak saya sia-siakan. Sambil mengatur exposure dan pengaturan gambar yang sangat terbatas pada kamera handphone Samsung C6625, saya memperhatikan arah cahaya matahari yang menerpa langsung di bagian muka bangunan. Atur, bidik, dan klik! akhirnya saya mendapatkan foto kampus yang lain dari biasanya!



Jadi, apakah kalian sudah berkunjung ke sana dan melihatnya? kalau belum, segeralah! kapuk-kapuk ini tidak bertahan lama dan kemungkinan besar besok atau lusa sudah kusam dan acak-acakan karena terinjak pengunjung yang berfoto di tengah-tengah lapangan. Rugi besar kalau tidak sempat melihatnya secara langsung.

Bawa kameramu, ambil gambar terbaikmu, dan ceritakan kepada kami!
Simply shoot and share~ :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar