Sabtu, 07 Januari 2012

Sibuk ! Sibuk ! Sibuuukk!!

holaa~! akhirnya bisa posting lagii~! gimana libur tahun baruan nya? seruu? atau kalian baru sekarang sampai rumah gara-gara gak kebagian tiket atau  kejebak macet di jalan? kalau memang begitu adanya saya hanya bisa berkata :

lebok.

siapa suruh tahun baruan jauh-jauh, 
mendingan juga temenin saya ngerjain skripsi~ :)

ngomong-ngomong skripsi, tanggal 23 november kemarin akhirnya saya sidang juga. dan entah mengapa saya mendapatkan penguji yang hobi melihat mahasiswa tingkat akhir mangap-mangap gagap gara-gara gak bisa jawab pertanyaan secara bertubi-tubi. singkat kata, waktu itu saya dibantai habis! pembimbing saya aja sampai keluar ruangan gara-gara ikutan stress melihat anak bimbingnya cuma bisa cengok di bentak-bentak penguji. 

setelah dua jam yang terasa seperti TKW lagi dibentak-bentak sama majikan Arab, akhirnya saya dinyatakan lulus dengan oleh-oleh draft penuh coretan dari penguji sentimen tersebut.


setiap skripsi yang telah melewati tahapan sidang harus melalui tahap revisi untuk menyempurnakan isi dan format penulisan nya sebelum di hard-cover dan di distribusikan ke perpustakaan. kalau enggak, jangan harap bisa mendapatkan surat keterangan lulus dan daftar wisuda, lebih buruknya lagi malah bisa disuruh sidang ulang.

blaah~ males banget gak sih? 

setelah kabur selama seminggu tanpa menyentuh draft skripsi sama sekali, akhirnya saya bertobat dan mengerjakan revisi tersebut. ternyata perbaikan ke dosen pembimbing tidak terlalu susah, hanya menambahkan beberapa pustaka dan pembahasan saja dan beres dalam waktu satu hari. setelah di acc oleh pembimbing, ada satu lagi yang harus dilewati dan ini yang paling susah: 

komisi pendidikan alias komdik.

ini adalah tahap akhir untuk quality control skripsi kita dimana semua bagian di scanning dan di baca ulang untuk mencari kesalahan-kesalahan penulisan seperti salah ketik dan penggunaan huruf kapital.

gampang? oh tunggu dulu...

format penulisan juga diperiksa, aturan spasi setelah dan sebelum gambar, tabel, keterangan gambar yang harus dua spasi tanpa titik dan margin kiri-kanan 3-4-3-3 dan spasi 1 stop dan 1,25 serta end stop 13,5-14,5 ukuran font 10, 12, 11 bullets and numbering dan endesbrey-endeskrey-bla-bla-bla yang bisa membuat seorang fresh graduate mampu mencari nafkah sebagai editor naskah setelah lolos revisi skripsi.

mbak resti, bunda nya abel dan yaska adalah komdik di jurusan saya. orangnya kalem dan baik banget. tapi kalau udah ngoreksi skripsi bawelnya minta ampun. belum ada dalam sejarah per-skripsian ada mahasiswa yang lolos quality control mbak resti tanpa coretan sedikitpun. dari beliau pula saya akhirnya tahu istilah-istilah aneh di microsoft word dan cara-cara lay out tulisan sakti madraguna yang konon cuma dimiliki oleh  tukang rental komputer senior.

berhubung saya sering nongkrong di ruangan si mbak yang memang satu ruangan dengan dosen pembimbing skripsi, dia kenal banget dengan karakter saya sampai ke yang busuk-busuknya. singkat kata, susah banget ngakalin mbak resti supaya saya bisa lolos quality control dalam sekali draft. sedikit aja ada margin yang mencong pasti ketauan dan diomel-omelin sama si mbak.

 ribet juga yaa~?

walaupun demikian banyak pengetahuan baru tentang editing tulisan yang saya tahu. si mbak juga cerita kalau ilmu ini dia dapat saat tingkat akhir di salah satu rental komputer legendaris di kampus. dulu masih belom ada tuh yang namanya laptop, rental buat ngetik skripsi aja pada rebutan. nah si mbak ini ceritanya ngetik skripsi sampai nginep-nginep gitu di rental, otomatis jadi kenal deh sama yang jaga dan akhirnya diturunkanlah itu ilmu ngedit-ngedit tulisan dan digunakan sampai sekarang.

dan saat ini saya lagi sibuk-sibuknya ngedit skripsi setiap hari sambil menimba ilmu legendaris tersebut dari si mbak. 
 
saking seringnya saya ngedit, kadang-kadang suka sampai kebawa-bawa saat lagi di luar kampus. kalau liat reklame mencong bawaan nya suka pingin benerin jadi margin 3-4-3-3 atau pas lagi liat tulisan trayek di angkot Cibinong - Pasar Anyar jadi gatel pingin teriakin sopirnya nya buatt benerin itu tulisan jadi rata tengah dengan jarak satu setengah spasi.

yaa.. gitu deh, namanya juga lagi bikin skripsi

ngomong-ngomong ada yang punya pengalaman menarik juga saat bikin skripisi? ayo cerita di sini~! kita liat apakah kalian sama menderitanya dengan saya waktu sidang dan revisi.

catch you later guys !
and keep simply shoot and share ! :)

2 komentar:

  1. ahhh gaya! dulu jaman ngegalau seminar sama sidang gw belom kenal blog.. hahaha manteb man. keren blog mu ;)

    BalasHapus
  2. eh ada si kupu-kupu gendut~! welcome back! siapa bilang galau? ini udah mau beres lhoo~ Hahahaha! thx ithaa~ rajin2 posting juga yaa~ :)

    BalasHapus